Cara Mudah Menulis Surat Permohonan Cuti PKL

Pendahuluan



Surat permohonan cuti PKL adalah surat yang dibutuhkan oleh mahasiswa yang sedang menjalani program kerja lapangan (PKL) untuk meminta izin cuti selama beberapa hari. Meskipun terkesan simpel, namun banyak mahasiswa yang kesulitan dalam menulis surat permohonan cuti PKL. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan membahas cara mudah menulis surat permohonan cuti PKL.


Isi Surat



Sebelum kita membahas cara penulisannya, ada beberapa poin penting yang harus kita ketahui terlebih dahulu. Pertama, pastikan kita mengetahui alamat dan kontak perusahaan tempat kita melakukan PKL. Kedua, jangan lupa untuk meminta izin kepada pembimbing PKL terlebih dahulu sebelum mengajukan surat permohonan cuti.


Cara Penulisan



Secara umum, surat permohonan cuti PKL terdiri dari beberapa bagian seperti salam pembuka, perkenalan diri, alasan cuti, jangka waktu cuti, dan salam penutup. Berikut adalah contoh surat permohonan cuti PKL yang baik dan benar:

Jakarta, 18 April 2023


Kepada Yth,


Bapak/Ibu Pimpinan Perusahaan PT ABCD


Jl. Sudirman No. 123


Jakarta Selatan


Dengan hormat,


Perkenalkan, saya Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas XYZ, bernama Ahmad Rifqi, yang saat ini sedang menjalani program kerja lapangan di PT ABCD.


Dalam kesempatan ini, dengan segala hormat saya bermaksud untuk mengajukan permohonan cuti selama 3 (tiga) hari kerja, mulai dari tanggal 20 April 2023 hingga 22 April 2023. Alasan saya mengajukan cuti adalah karena adanya keperluan keluarga yang memerlukan perhatian saya.


Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, saya sudah meminta izin kepada pembimbing PKL dan menyelesaikan pekerjaan yang masih tertunda sebelum mengajukan permohonan cuti ini. Saya juga menjamin bahwa saya akan menyelesaikan tugas-tugas yang belum selesai setelah kembali dari cuti.


Demikian surat permohonan cuti ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Ahmad Rifqi



Kesimpulan



Menulis surat permohonan cuti PKL sebenarnya tidaklah sulit. Kunci utamanya adalah menjelaskan alasan cuti dengan jelas dan meminta izin terlebih dahulu kepada pembimbing PKL. Dengan mengikuti contoh surat permohonan cuti PKL yang telah disampaikan di atas, diharapkan kita dapat menulis surat permohonan cuti PKL dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat!

close